Catatan Merbabu (1): Seratus Sewu Ae!

Merbabu uwe datang!

Ga sabar dah asli buat pendakian pertama ini, walaupun capek karena semalaman tahun baruan di Malioboro dan pulang pun terhalang oleh macet sehingga sampai di rumah Rohim (selama di Jogja nginepnya disana) jam satu malam.

Rohim pun rada marah karena saya yang kepengen banget buat tahun baruan di Malioboro sampai kita gakada waktu istirahat, mana belum packing pula jam satu malam itu sehingga jam dua malam kita baru tertidur.

DSC03399

1451999182099

Dari kiri: Rohim, saya, Ega, Wafa. Ega dan Wafa adalah teman Purwokerto kita yang sedang libur di Jogja, tidak ikut naik gunung.

Untungnya meskipun tidur telat, kami tetap bangun pagi heuheu.

Pagi pun diawali dengan sarapan sek di teras rumah Rohim (penggunaannya udah bener belum ya? Ah tau deh yang jelas sehabis dari Jogja kata sebentar keganti sama kata sek hahaha).

DSC03358DSC03360

Yak! Sarapan selesai! Kami pun bersiap-siap mandi, tapi karena aliran air di rumah Rohim sedang mati. Kami akhirnya mandi pagi di sumur sebelah rumah.

usmag-5693fcff0523bdd50c3193ff

Gak sempat foto, tapi kira-kira beginilah saya waktu itu sehabis mandi di sumur (credit: usmagazine.com)

Setelah mandi, kami pun langsung siap-siap berangkat ke terminal bus, dari terminal bus di Yogyakarta kami berangkat ke Semarang, lalu dari Semarang kami berangkat ke Salatiga.

p-20160101-073913-bf-5693fe67c9afbd4916f3d0f0p-20160101-093620-bf-5693fe8563afbde20cbc9bd0

Rohim tidur di bus  

Kami pun lalu akhirnya sampai di Salatiga, tapi kami tidak berhenti di terminal melainkan di Pondok Al-Irsyad dimana disana berkumpul teman-teman pendaki lain yang merupakan teman pondok Rohim dulu.

Ternyata bukan hanya saya saja yang bukan anak Pondok Al-Irsyad yang mengikuti pendakian, selain Rohim, dua orang temannya (Mikdad dan Ridwan) pun mengajak teman luar pondok. Jadi bisa dibilang pendakian itu berisi 3 orang anak Pondok Al-Irsyad dan 3 orang anak luar Pondok Al-Irsyad. Mikdad bersama temannya tidak kami temui disana, sepertinya ia sudah pergi duluan ke basecamp Merbabu. Akhirnya kami berempat (saya, Rohim, Ridwan, dan Ganu temannya Ridwan) pun berangkat dari Pondok Al-Irsyad dengan beberapa angkot menuju Pasar Cepogo.

25PasarCepogo

(Credit: Solopos)

Di pasar Cepogo, sebenarnya sudah ada bus untuk menuju pertigaan jalur Selo tempat memulai pendakian. Tetapi untuk menghemat biaya akhirnya kami memilih untuk mencari tumpangan mobil pick-up pengangkut sayur-sayuran yang menuju ke arah yang sama yang tetap saja akan membayar ongkos tapi lebih murah.

Daaan.. disinilah kejadian yang jadi judul tulisan ini terjadi.

Jadi melihat kami yang melewati bus begitu saja, ada seorang supir pick-up yang ngotot-ngotot agar kami numpang di mobil pick-up miliknya.

“Seratus sewu ae mas!” katanya.

Kami mencoba menawar, jika seratus ribu untuk empat orang, hitungannya 25 ribu satu orang. Sedangkan jika kami naik bus 30 ribu satu orang,  sayang amat jika hanya untung 5 ribu.

“75 ribu mas!”

“Ah gak bisa mas, seratus sewu!”

“85 ribu deh mas!”

“Gak bisa mas, seratus sewu!”

Supir pick-up ini ngotot dengan harganya, akhirnya Ridwan yang sudah berpengalaman mengajak kita untuk meninggalkan saja dia. Tetapi ternyata kengototan supir pick-up tidak berhenti sampai disitu.

“Ayolah mas, seratus sewu ae loh!”

“Mas, ini sudah paling murah mas seratus sewu ae, sama yang lain mas dapatnya lebih mahal”

“Masnya ini gak percayaan lo saya ini udah paling murah seratus sewu ae!”

Tapi kami tetap acuh tak acuh, hingga akhirnya setelah mencari-cari ada supir pick-up lain yang setelah kami tanya-tanya mau memberikan tumpangan dengan bayaran lima sewu satu orang. Supir pick-up yang tadi ngototan itu pun beranjak pergi. Saat pick up akhirnya berjalan menjauhi, Ganu kemudian berteriak,

“Seratus sewu ae mbahmu!”

DSC03403

“Seratus sewu ae mbahmu!” kata Ganu. Ia kemudian berfoto dengan kamera saya…

(Bersambung)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s