Catatan Merbabu (3-Tamat) : Bendera Palestina yang Terbalik dan Menyatu Dengan Alam!

DSC03597.JPG

Kayaknya emang lebih afdol kalo ngejelasin pake petanya.

Jadi dari basecamp Selo (warna kuning paling bawah), jam 5 sore kami memulai perjalanan kami.

Karena kami mempunyai target puncak besok pagi, maka kami pun jalan teruuuus sambil beberapa kali istirahat, dari Basecamp, ke Pos Bayangan, kemudian sampai ke Pos Satu hari sudah gelap dan kami memutuskan untuk berhenti memakan perbekalan kami dengan hemat berupa kacang-kacangan dan coki-coki (sekaligus memakai headlamp kami, agak lupa sih ini makenya di Pos Bayangan atau di Pos Satu)

choki-choki-chocolate-paste-11g-x-5-halal-bigbigmart-1509-18-christrakeo@17

(credit to: lelong.com.my)

Menurut Rohim, choki-choki ini bagus untuk menahan lapar, karenanya saat membeli logistik di Jogja saya membeli ini agak banyak heuheuheu.

Kami pun kemudian melanjutkan perjalanan hingga sampai Pos Dua, istirahat makan perbekalan lagi, kemudian melanjutkan perjalanan lagi.

Saat sampai di savana satu dan dua, kami melihat banyak orang-orang yang memasang tenda disana, kami pun kemudian memanggil-manggil teman kami (Miqdad dan temannya yang kemudian kami ketahui bernama Ibrahim) yang sudah berangkat duluan.

“Miqdad, Miqdaad!” Rohim berteriak, tapi tak ada jawaban. Miqdad dan Ibrahim kemudian bertemu dengan kita justru saat turun dari puncak.

Miqdad memanggil Rohim dari puncak, akhirnya saat turun kami bertemu juga.

Awalnya saya mengira kami akan berkemah disini (mungkin pengaruh capek juga ya hehe), tapi ternyata kami kemudian masih melanjutkan perjalanan hingga akhirnya sampai di Jemblongan.

Sampai di Jemblongan jam 9 malam, kami yang kedinginan akhirnya sesegera mungkin memasang tenda (gak sempat moto, karena buru-buru banget pengen tendanya jadi).

Sekitar 45 menit, tenda pun jadi. Setelah membereskan barang-barang ke dalam tenda, kami pun akhirnya masuk kedalamnya menghangatkan diri.

Kami sholat jamak qoshor maghrib isya sambil memakai sleeping bag dan jaket parasut, kemudian akhirnya langsung jatuh tertidur sambil menggigil sekitar jam setengah sebelas malam, tidak lupa memasang alarm jam 3 karena target kami mencapai puncak saat sunrise.

Mungkin karena efek kedinginan, saya mimpi macem-macem saat itu, sampai Ridwan pun setelah kami bangun bercerita bahwa saya beberapa kali ngigo.

Tapi mending lah ya, setahu saya banyak cerita pendaki gunung soal teman-temannya yang ketika sudah hampir mencapai puncak dan mengalami kedinginan yang amat sangat akhirnya menjadi sedikit ngaco. Bahkan pernah mendengar cerita sampai ada yang makan daun ngiranya pizza segala, hahaha.

Sekitar jam 3.30 kami terbangun, kami tinggalkan tenda dan barang-barang yang tidak diperlukan, kemudian saya pun hanya membawa tas carrier yang berisi perbekalan, air, dan kertas-kertas berisi tulisan, bendera Palestina (credit to KNRP hehe), dan buku Soe Hok Gie. Berangkat dari Jemblongan menuju Puncak.

DSC03449DSC03452

IMG_3627.JPG

Capeknya kerasa banget karena jalur menuju puncak yang asli dah coeg terjaaall abis mana baru bangun tidur, kami pun berkali-kali beristirahat sambil napas ngos-ngosan.

Awalnya sempat hampir menyerah, apalagi setelah sebelumnya bersama Rohim dan Ridwan mulai jauh di atas meninggalkan saya yang tertatih-tatih dibawah, namun ternyataa nyampe juga bungg!

IMG_3630

Sampai di puncak langsung sholat subuh, kayaknya kalo gak naik gunung jarang-jarang deh sholat subuh tepat waktu wkwkwk.

Sesi photo-photo di puncak kemudian dimulai.

Tapi tentu aja, tak ada daging yang tak retak, bendera Palestina ternyata kami pasang secara terbalik wkwkwk.

Yang harusnya hitamnya diatas ijonya dibawah malah kebalik, padahal udah keren-keren gayanya wkwkkw.

Hal ini baru saya ketahui setelah turun gunung dan mengirim foto-foto saya bersama bendera Palestina melalui Line ke Bang Hanbali yang meminjamkan bendera-benderanya kepada kami.

“Benderanya kebalik Dek,” katanya lewat chat. Bego.

Tapi ada juga pengalaman unik bertemu seorang blogger kompasiana.

Jadi ceritanya saya sedang merekam video sambil mengibar-ngibarkan bendera Palestina sambil berteriak,

“Rakyat Palestina! Salam dari puncak Merbabu! Salam kemerdekaan; yang merupakan hak segala bangsa!”

Lalu blogger kompasiana yang setelah berkenalan ternyata bernama Nonoy itupun mendatangi kami bersama istrinya, meminta izin berfoto dengan bendera Palestina.

 

Apa uniknya?

Pertama, karena dia blogger Kompasiana (yang menjadi alasan saya juga meminta foto bersamanya)

Kedua, karena dia minta foto pake bendera Palestina tapi rupanya pake kalung bintang David yang merupakan simbol bendera Israel, yang ini sih kampret bukan unik, mana gue nyadarnya habis fotoan haha.

Ketiga, karena dia hanya memakai kolor… dan itu ada hubungannya sama omongannya dia setelah berfoto-foto.

“Jadi saya make kolor ini, kalian tau kenapa? Karena saya sudah bersatu dengan alam..”

“Kalian tahu Abraham? Nabi Ibrahim? Tau kenapa dia bisa tahan api saat dibakar? Itu karena dia bersatu dengan alam, tapi saya belum bisa menyatu dengan panas. Baru bisanya dengan dingin”

Selain obrolan itu, dia juga banyak ngomong soal dia sering diundang Jokowi ke Istana Negara lah, ngomongin politik dunia lah, dan itu dilakukannya sambil megang-megang kalung bintang Davidnya, sialan.

Tapi percakapan yang saya tulis diatas lah yang paling saya ingat (dan yang paling saya ingin ingat), karena meskipun yang dia omongin ngaco, tapi masih ada hubungannya dengan tujuan kami naik gunung;

Menyatu dengan alam! Mengenal diri sendiri, yang insya Allah akan mengantar kami untuk mengenal Tuhan kami….

Advertisements

2 thoughts on “Catatan Merbabu (3-Tamat) : Bendera Palestina yang Terbalik dan Menyatu Dengan Alam!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s