(Bukan Review) Bulan Terbelah di Amerika 2: LGBT, Aborsi, Revolusi Kebudayaan..

“Tuhanku ada di kepalaku”

“Kalau begitu ini saatnya kamu juga membawanya ke hatimu” 

Sinopsis

Hanum ingin kembali ke Cina, namun ia mendapatkan tawaran untuk mengungkap tentang Laksamana Cheng Ho yang pernah ke Amerika.

Konflik Azima Hussein dengan bundanya di film pertama dilanjutkan di film ini, begitupula romansa antara Stefan dan Jasmine yang ternyata hamil.

Bukan Review

Ada hal yang gue suka dari film-film Hanum Rais, belio mengangkat Eropa dan Amerika (berbeda dengan ISIS yang baru-baru ini bikin game android ngebom Menara Eifell, Ben Tower..) film-filmnya berhasil menghasilkan scene-scene menarik dengan latar tersebut.

Yang gak gue suka; filmnya kadang terlalu fokus kepada preaching, kayak 99 Cahaya di Langit Eropa yang malah kayak lagi jalan-jalan ke Eropa sama tour guide dibanding nonton film. 

Sebenarnya gue gakada minat untuk menonton film ini, apalagi setelah ngeliat trailernya yang ngomongin soal “Apakah Muslim penemu Amerika?” Gue ngerasa jangan-jangan ini film mau bawa teori konspirasi lagi kek di 99 Cahaya di Langit Eropa yang menyatakan teori konspirasi soal muslimnya Napoleon.

Tapi akhirnya gue nonton karena diajakin keluarga.

Don’t preach me!” Dialog itu diucapkan beberapa kali di film ini, dan gue rasa itu cukup menggambarkan film ini karena gue gak begitu ngerasa diceramahin.

Film ini membawa topik LGBT, Revolusi Kebudayaan Mao Zedong, Aborsi di Amerika tanpa banyak menggurui, bahkan meskipun membawa topik LGBT film ini seperti menyatakan sifat netral terhadap isu yang membawa banyak debat tersebut dan malah menjadikannya sebagai lelucon. 

Well, ini film religi bagus yang lagi-lagi dihadirkan di dunia film Indonesia, walaupun tentu saja masih tidak bisa mengalahkan Sang Pencerah dan Ayat-Ayat Cinta..

Rating: … / …..

Leave a Reply

